Pengertian Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) merupakan ragam penelitian pembelajaran yang berkonteks kelas yang
dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang
dihadapi oleh guru, memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran dan mencobakan
hal-hal baru pembelajaran demi peningkatan mutu dan hasil pembelajaran.
clip_image003%25255B4%25255D PTK atau action research mulai berkembang sejak
perang dunia ke dua, saat ini PTK sedang berkembang dengan pesatnya di negara-negara
maju seperti Inggris, Amerika, Australia, dan Canada.
Para ahli penelitian pendidikan
akhir-akhir ini menaruh perhatian yang cukup besar terhadap PTK. Menurut
Stephen Kemmis seperti dikutip D. Hopkins dalam bukunya yang berjudul A
Teacher’s Guide to Classroom Research, menyatakan bahwa action research adalah:
a from of self-reflektif inquiry undertaken by participants in a social
(including education) situation in order to improve the rationality and of (a)
their own social or educational practices justice (b) their understanding of
these practices, and (c) the situastions in which practices are carried out.
Secara singkat PTK adalah suatu
bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan, untuk meningkatkan
kemantapan rasional dari tindakan-tinakan mereka dalam melaksanakan tugas,
memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan, serta
memperbaiki dimana praktek-praktek pembelajaran dilaksanakan. Action research
dipandang sebagai suatu cara untuk memberi ciri bagi seperangkat kegiatan yang
direncanakan untuk meningkatkan mutu pendidikan; pada pokoknya ia merupakan
suatu cara eklektik yang dituangkan ke dalam suatu program refleksi-diri
(self-reflection) yang ditujuan untuk peningkatan mutu pendidikan.
Action research adalah suatu bentuk
penelitian refleleksi-diri yang dilakukan oleh para partisipan (guru,siswa,atau
kepala sekolah,) dalam situasi-situsi social (termasuk pendidikan) untuk
memperbaiki rasionalitas dan kebenaran (a) preaktek-praktek sosial atau
pendidikan yang dilakukan sendiri, (b) pengertian mengenai praktek-praktek ini,
dan (c) situasi-situasi (dan lembaga-lembaga) di mana praktek-praktek tersebut
dilaksanakan. Action research adalah suatu pendekatan untuk memperbaiki
pendidikan melalui perubahan, dengan mendorong para guru untuk memikirkan
praktek mengajarnya sendiri, agar kritis terhadap praktek tersebut, dan agar
mau untuk memperbaikinya. Penelitian tindakan merupakan intervensi praktik
dunia nyata yang ditujukan untuk meningkatkan situasi praktis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar